Os Android Dan Sejarahnya Hingga Menjadi Sistem Operasi Berjuta-juta Ponsel di Dunia

Os android sistem operasi berjuta ponsel di dunia

Apakah kamu pernah dengar istilah OS?, istilah tersebut merupakan singkatan dari Sistem Operasi (Operating System). Seperti yang kita ketahui OS sendiri identik dengan yang namanya komputer, namun

Sistem operasi merupakan sebuah program yang dirancang untuk mengontrol sistem kerja hardware dan perangkat lunak pada sebuah perangkat seperti komputer,ponsel, televisi dan lain sebagainya. Singkatnya bisa dikatakan sebagai jembatan penghubung antara user dengan sebuah perangkat.

Nah pada tulisan kali ini kita akan membahas OS Android yang menjadi sistem operasi berjuta-juta ponsel didunia saat ini.

OS android merupakan sistem operasi open source yang dikembangkan dari Linux untuk perangkat dengan layar sentuh seperti smartphone(ponsel pintar) dan tablet. Diluncurkan ke pasaran pada tanggal 23 september 2008 dengan menggunakan handphone HTC.

Urutan Nama OS Android Dari Yang Pertama Hingga Terbaru

1.0 Alpha

Pada versi pertama ini sudah diperlengkapi dengan fitur akses situs browser, streaming youtube, pemutar media, google map.

1.1 Beta

Pada versi ini terdapat beberapa fitur yang ditambahkan seperti, detail lokasi pada google maps dan fitur untuk sembunyikan dan tampilkan tombol panggilan.

1.5 Cupcake

Berbeda dari dua versi sebelumnya, kali ini os android sudah mulai berganti nama menggunakan nama makanan. Sedangkan fitur yang ditambahkan ialah layer automatis, widget dan keyboard virtual.

1.6 Donut

Pembaharuan yang diberikan pada versi 1.6 antara lain ialah prosentase daya battery, tersedianya play store dan sudah mendukung sensor gestur sentuh ketika pengguna meletakkan jarinya pada layar.

2.0 Eclair

Update pada versi ini juga membawa beberapa fitur tambahan terbarus seperti multi touch, live wallpaper, penampilan antar-muka dan sudah support untuk browser yang menggunakan HTML5.

2.2 Froyo

Pada android froyo pembaharuan yang dibawa antara lain ialah sudah terdapat fitur USB tethering dan hotspot WIFI, membenahi gambar pada galeri dengan gerakan, dan support animasi GIF pada situs browser.

2.3 Gingerbread

Gingerbread membawa update seperti telah mensupport beberapa sensor dan mulai memperkenalkan NFC serta mengoptimasi tampilan agar lebih hemat daya.

3.0 Honeycomb

OS android honeycomb ini dikeluarkan pertama kalinya di tanggal 22 februari 2011. Akan tetapi lebih diutamakan untuk piranti tablet. Pembaharuan yang dibawa diantaranya sudah support  video call dengan Google Talk, selain itu juga sudah support processor multi core dan multitasking recent apps.

4.0 Ice Cream Sandwich

Pada versi 4.0 mempunyai pembaruan lebih ke sisi kostumisasi widget dan antar-muka.

4.1 Jelly Bean

OS jelly bean lebih berfokur kepada tampilanantarmuka. Serta peningkatan performa yang makin smooth dan responsif.

4.4 KitKat

Fitur yang dibawa versi ini ialah support sensor batching, optimalisasi performa pada piranti dengan detail rendah.

5.0 Lollipop

Lollipop menawarkan beberapa pembaharuan baru antara lain dari segi antarmuka dengan gaya desain UI material terbaru dan pembaharuan webview serta sudah bisa merekam dan berbagi layar. Dari segi kamera terdapat API hardware kamera yang bisa menghasilkan jepretan foto lebih halus.

6.0 Marshmallow

Sistem operasi generasi 6.0 ini sudah memiliki teknologi baterai yang lebih bagus dan efisien serta juga memperhatikan dari sisi keamanan seperti contoh bisa memberikan izin kepada aplikasi sesuai dengan keinginan pada user.

7.0 Nougat

Fokus pembaharuan nougat yaitu lebih kepada peningkatan performa user interface antara lain seperti bisa membagi layar atau split layar yang memungkinkan pengguna untuk bisa terus menonton video sambal berkirim pesan secara bersamaan.

8.0 Oreo

Beragam fitur yang tersedia pada sistem operasi oreo antara lain Autofill yang bisa mempermudah pengguna dalam isi formulir. Disamping itu user interface  ini lebih sederhana supaya lebih mempermudah para pengguna.

9.0 Pie

Android 9 sudah menerapkan kecerdasan buatan(AI) pada adaptive baterai yang mampu memetakan penggunaan aplikasi serta akan mematikan aplikasi pada latar belakang  yang jarang digunakan demi mengoptimalkan fungsi baterai.

Android 10

Pada versi 10 tidak lagi menggunakan nama makanan, melainkan kembali seperti awal dirilis. Fitur-fitur unggulan antara lain teks otomatis, smart reply, amplifier suara, navigasi gestur dan lain sebagainya.

Android 11

Fitur yang terdapat pada android 11 antara lain, kamu bisa memberikan prioritas pada notifikasi percakapan(chat) serta sekarang tersedia fitur record layar bawaan. Fitur seperti ini mungkin sangat berguna bagi para konten kreator game.

Android 12

Android 12 membuat perubahan besar pada segi tampilan, pada menu quik tiles terlihat berbeda dari pada versi sebelumnya. Disamping itu fitur lain yang dibawa antara lain peningkatan privasi, desain notifikasi baru, serta berbagi wi-fi sekarang lebih mudah.

Cara Melihat Nama dan Versi OS Android Pada Smartphone

Untuk mengetahui versi dari sistem operasi android pada handphone kamu bisa simak caranya seperti berikut ini.
  • Pertama silahkan bukan pengaturan lalu pilih tentang ponsel, jika tidak menemukannya maka bisa buka di setelan lanjutan atau menu yang bernama sistem.
  • Pada bagian tentang ponsel kamu bisa scroll ke bawan untuk mencari versi android. Disana akan tertera versi os yang digunakan oleh ponsel kamu, misalnya 8.0.0.

Penutup

Sekian dulu penjelasan tentang os android beserta nama-nama yang digunakan dari awal rilis hingga saat ini. Beserta fitur-fitur yang dibawa oleh setiap versinya.

Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url