Mengenal Apa Itu Ram Beserta Fungsi Ram Pada Komputer Dan Perbedaannya Dengan Rom

 

apa itu ram

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang fungsinya sangat penting pada perangkat seperti komputer, notebook, maupun handphone.

Jika komponen ini rusak atau dilepaskan, maka niscaya perangkat komputer tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Apakah kamu pernah mengalami saat menyalakan komputer, namun layar monitor tetap saja blank hitam dengan tulisan no signal. Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh ram yang mungkin saja rusak.

Ada beberapa jenis RAM yang perlu kita ketahui beserta apa apa saja fungsinya dan apa yang membedakannya dengan rom.

Mengenal Secara Lebih Dekat Apa Itu Ram dan Fungsinya

RAM adalah salah satu komponen penting yang terdapat pada sebuah komputer, laptop, maupun Handphone yang fungsinya untuk menyimpan beberapa file saat sebuah aplikasi dijalankan dan sifatnya hanya sementara.

Bisa disebut juga bahwa RAM hanya akan menyimpan data hanya saat diperlukan saja.

Sebagai contoh pada saat kamu menjalankan komputer atau sebuah aplikasi, maka semua instruksi yang dibutuhkan akan disimpan pada ram agar prosesnya menjadi lebih cepat.

Jika setelah selesai menggunakan aplikasi maka semua instruksi akan dihapus dan ram kembali kosong.

Struktur kerja pada RAM :

  • Sebagai penyimpanan input: Pada tingkatan ini, RAM akan mengumpulkan beragam data yang dibutuhkan melalui alat input seperti keyboard.
  • Sebagai penyimpanan program : di tingkatan penyimpanan program, RAM mulai mengolah perintah semua program saat akan dibuka.
  • Sebagai Penyimpanan working : setelah data data yang dibutuhkan telah diproses, maka pada tingkatan ini akan menyimpannya.
  • Sebagai penyimpanan output : pada tingkat paling akhir, maka data akan ditampilkan dan dialolaksikan ke perangkat output. 

Meskipun secara fungsi ram sama seperti media penyimpanan lainnya, namun perbedaannya terletak pada akan kebutuhan arus listrik atau bisa disebut juga bersifat volatile. Sedangkan media penimpanan seperti flashdisk dan cd/dvd driver bersifat non-volatile.

Jenis Jenis Ram Yang Terdapat Pada Komputer

  • Jenis SDRAM
    Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) diperkenalkan pertama kali pada tahun 1996. Pada generasi pertama SDRAM mempunyai kecepatan 66 MHz.

    Setelah melalui beberapa pengembangan, SDRAM pada akhirnya mampu mendapatkan kecepatan 133 MHz yang bisa dibilang cukup cepat pada zamannya.

    SDRAM sering dijumpai pada PC Pentium 4 atau ADM Athlon. Ciri-ciri SDRAM antara lain mempunyai 168 pin dengan daya tampung memori dari 16 MB sampai 1GB. Selain itu terdapat 2 sela socket slot yang posisinya sama pada DIMM/SDRAM pada motherboard.
  • Jenis DRAM
    Memori DRAM ( Dynamic Random Access Memory) merupakan jenis memory semi konduktor, yang mana memerlukan kapasitor untuk refresh data yang ada pada memori. Jenis memori RAM yang satu ini akan menyimpan setiap bit data terpisah dalam kapasitor di satu circuit terpadu.

    Kelebihan dari memori DRAM adalah memiliki desain struktur yang simple, yang Cuma memerlukan satu transistor dan kapasitor untuk setiap bitnya.

    Sedangkan kekurangan  terletak pada konsumsi daya yang diperlukan lebih tinggi dibanding lainnya.

  • Jenis DDR SDRAM
    DDR SDRAM merupakan singkatan dari Double Date Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory yang kinerjanya 2x lebih bagus karena bisa mengirimi perintah 2x lebih cepat pada sebuah transisi Clock jika dibandingkan dengan SDRAM.

    DDR SDRAM berperan secara baik pada daya rendah sekitaran 2.56v dibandingkan SDR RAM yang bekerja di 3.3v. Bedanya DDR RAM memakai 184pin dan 1 notch di connector dan SDR RAM memakai 186pin dan 2 notch.

    Sampai saat ini DDR SDRAM terdapat beberapa versi yang bisa disebut juga sebagai generasinya antara lain DDR, DDR generasi 2 atau kerap disebutkan DDR2, selanjutnya DDR3 dan saat ini telah ada DDR4.

  • Jenis RDRAM

    Tipe memori Rambus Dynamic Random Access Memory (RDRAM) pertama kali mulai diperkenalkan ke ranah pasar pada tahun 1995-1996. Sedangkan kata Rambus sendiri tidak lain ialah nama dari sebuah perusahaan yang membuatnya.

    Pada masanya saat rata-rata kecepatan RAM lain hanya mampu sampai 133MHz, RDRAM telah sanggup tembus 1GHz. Dengan kecepatan semacam itu tentu saja tidak seluruhnya motherboard bisa support untuk memakainya.

    Oleh karena itu RDRAM cuma dipakai untuk memori server saja yang bekerja tinggi atau juga bisa untuk memory video grafis akselerator.

  • Jenis GDDR RAM
    GDDR SDRAM dengan huruf G maknanya Graphic yang berarti GDDR SDRAM dibuat khusus untuk keperluan VGA atau video card.

    GDDR memiliki kekuatan yang lebih bagus dibanding DDR karena sanggup request dan receive data pada satu transisi clock.

  • Jenis SO-DIMM
    SO - DIMM atau (Small Outline Dual in-line Memori Module) ialah jenis memori RAM yang sering dipakai pada netbook. Perannya sama dengan DDRRAM, namun memiliki bentuk yang lebih kecil dan memang diutamakan untuk piranti portable seperti netbook.

    Perubahan pada SODIMM akann selalu mengikuti perubahan dari memori DDR.

Mengenal Perbedaan Ram dan Rom

Beberapa perbedaan antara RAM dan ROM antara lain user bisa menulis dan membaca data pada RAM sementara pada ROM user hanya bisa membaca data saja. Selain itu RAM bisa menjalankan beberapa program yang diinstall pada komputer, sementara ROM hanya bisamenyimpan file khusus dari program yang diinstal.

Perbedaan lainnya adalah ROM menyimpan file penting dari sistem operasi yang dibutuhkan untuk melakukan booting saat komputer dinyalakan, sedangkan RAM tidak menyimpan file dari sistem operasi seperti itu. Dari sisi keamanan data ROM bisa dibilang lebih aman karena data pada ROM hanya bisa dibaca saja tanpa bisa dihapus, berberda dengan RAM yang datanya akan hilang bila komputer dimatikan.

Yang terakhir Memory RAM bisa diakses dengan mudah sementara memory ROM tidak bisa diakses setiap saat.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang RAM beserta fungsinya dan perbedaannya dengan ROM. Semoga beberapa informasi singkat diatas bisa berguna bagi para pembaca sekalian.

Terima kasih telah membaca sampai habis, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.        


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url