Peer to Peer Merupakan Jenis Jaringan Yang Seperti Apa?

 

Peer to Peer Merupakan Jenis Jaringan Yang Seperti Apa

Mungkin kamu pernah mendengar atau membaca kata peer to peer, nah kali ini kita akan membahas  salah satu bentuk komunikasi atau koneksi pada jaringan komputer yang satu ini.

Peer to peer merupakan jenis jaringan yang biasanya diterapkan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih untuk bisa saling berbagi. Jadi bisa dikatakan setiap komputer yang terhubung memiliki kedudukan yang sama.

Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan tentang jaringan peer to peer berikut ini.

Pengertian Peer to Peer

Peer to peer adalah salah satu bentuk jaringan komputer yang mengkoneksikan dua komputer atau lebih, yang mana setiap komputer bisa bertindak sebagai server sekaligus juga bertindak sebagai client.

Dengan metode P2P yang seperti ini maka setiap komputer bisa saling berbagi data karena tidak adanya salah satu komputer yang mengontrol secara khusus. Dikarenakan setiap komputer bertanggung jawab akan dirinya sendiri.

Maka bisa dikatakan jika menggunakan model P2P seperti ini akan sangat mempermudah dalam hal berbagi data(file sharing).

Contoh Peer to Peer

Dalam penerapannya contoh peer to peer sederhana adalah misalkan kamu mempunyai dua buah komputer. Nah, kamu hanya cukup menghubungkannya ke dua komputer tersebut menggunakan kabel UTP yang lansung dicolokkan ke socket LAN pada masing-masing komputer.

Biar lebih jelasnya tentang gambaran jaringan P2P bisa dianalogikan seperti ini. Kita ambil contoh dua komputer yang dihubungkan dengan kabel UTP diatas.

Misal PC 1 ingin mengambil sebuah file dari PC 2 maka PC 1 statusnya sebagai server dan PC 2 statusnya sebagai client, begitu juga sebaliknya.

gambar jaringan peer to peer
Gambar jaringan peer to peer

Kelebihan Jaringan P2P

Beberapa kelebihan jaringan P2P antara lain sebagai berikut:

  • Penerapannya yang sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya besar, hanya membutuhkan kabel UTP dan tidak perlu menggunakan hardware jaringan lainnya.
  • Lebih mudah dan efisien diterapkan ketimbang model jaringan lainnya.
  • Setiap komputer bisa berperan sebagai server dan client.
  • Jika salah satu komputer bermasalah maka tidak akan mengganggu keberlansungan jaringan.

Kekurangan Peer to Peer

Setelah membahas kelebihan, tentu saja model jaringan ini ada kekurangannya, berikut diantaranya:

  • Secara kinerja masih kalah dari model client-server dikarenakan setiap komputer harus bisa mengurus dirinya sendiri-sendiri.
  • Dari segi keamanan bergantung pada masing-masing komputer dan bisa dibilang sangat beresiko untuk keamanan data.
  • Tidak adanya adimistrator yang mengontrol jaringan.

Penutup

Setelah penjelasan singkat diatas kami berharap kamu bisa mendapatkan sedikit pemahaman tentang peer to peer merupakan jenis jaringan yang menghubungkan dua atau lebih komputer dengan status kedudukan yang sama.

Semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi pada pembacanya. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url