Switch Adalah? Fungsi Dan Cara Kerjanya Pada Jaringan Komputer

 


Dalam dunia teknologi banyak sekali alat atau komponen yang berperan penting agar sebuah teknologi tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Begitu juga dengan sebuah jaringan yang mempunyai banyak komponen agar bisa menghubungkan berbagai macam perangkat.

Salah satu topik yang akan kita bahas berikut ini adalah switch, merupakan salah satu dari banyaknya komponen pada jaringan komputer tersebut.

Pengertian Switch Dalam Sebuah Jaringan Komputer

Sebelum masuk ke pembahasan lainnya ada baiknya kita berkenalan dengan hardware jaringan yang satu ini. Secara garis besar switch adalah sebuah perangkat(komponen) untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dalam sebuah jaringan.

Sehingga setiap perangkat komputer yang terhubung pada switch bisa saling bertukar data dan informasi ke setiap perangkat tujuan. Pertukaran informasi bisa diterima secara lansung tanpa adanya gangguan karena dilakukan secara terarah.

Fungsi Switch Pada Jaringan 

Sekarang kita akan membahas dari segi fungsi, sederhananya switch berfungsi sebagai penghubung untuk mengirim dan menerima data baik dari dan ke perangkat lain dengan menggunakan perantara kabel UTP atau biasa disebut juga dengan kabel LAN. Selain itu berikut ini adalah adalah beberapa fungsi yang lebih kompleks yang bisa dilakukakan oleh switch.

  • Bisa Membuat Koneksi Dengan banyak Host
  • Salah satu fungsi switch adalah memungkinkan untuk menghubungkan lebih banyak port menggunakan koneksi kabel UTP ke banyak komputer dengan konfigurasi topology star.
  • Sebagai Traffic Control
  • Switch juga bisa berfungsi sebagai control traffic pada jaringan, baik jaringan masuk atau keluar serta dapat menghubungkan perangkat seperti komputer dengan access point.
  • Menyimpan dan Merneruskan Data
  • Switch juga bisa menyimpan dan memverifikasi setiap data sebelum dikirimkan ke alamat tujuan.
  • Address Learning
  • Switch akan mencatat setiap MAC address perangkat yang terhubung dengan jaringan yang sama pada saat mengirim dan menerima data. Berdasarkan MAC address tersebut maka switch akan meneruskan data dengan lebih terarah.
  • Sebagai Penyaring Data Frame
  • Selain itu switch juga mampu untuk menyaring dan meneruskan data berdasarkan MAC address dan port, sehingga dapat menghindari tabrakan data.
  • Looping Avoidance
  • Fungsi ini akan bekerja ketika terjadi looping atau perputaran data pada port switch. Hal ini biasanya disebabkan oleh kesalahan pada saat menghubungkan kabel-kabel pada port switch.

Cara Kerja Switch

Karena kita sedang membahas apa itu switch tentu erat kaitannya dengan bagaimana cara kerjanya. Bisa dibilang switch ini lebih baik dan efisien pada saat mengirim dan menerima data. Proses kerjanya, saat switch menerima data yang akan dikirim ke perangkat yang dituju, maka MAC address tujuan akan dicocokkan dengan daftar MAC yang dimilikinya.

Berkat logika koneksi yang sudah dibuat oleh switch menggunakan port yang sudah tersambung dengan perangkat tujuan, maka data yang dikirim hanya akan diterima oleh perangkat yang tersambung ke port tujuan. Dengan cara kerja seperti ini bisa meminimalisir potensi terjadinya tabrakan data.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang apa itu switch, pengertiannya, fungsinya pada jaringan, serta cara kerjanya. Semoga dari penjelasan singkat diatas bisa menambah sedikit pengetahuan kamu tentang perangkat keras pada jaringan yang berfungsi cukup penting untuk menghubungkan dan mengirimkan paket data ke setiap perangkat yang terhubung dengannya.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari infomasi seputar teknologi.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url