PPTX Adalah Salah Satu Format File, Ini Penjelasannya

 

PPTX Adalah Salah Satu Format File, Ini Penjelasannya

Ada begitu banyak format file yang ada saat ini, entah itu format untuk gambar, dokumen, video, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini kita akan membahas tentang sebuah ekstensi file bernama PPTX.

Lalu apa itu PPTX?, mungkin itu akan menjadi pertanyaannya sekarang. PPTX adalah sebuah format bawaan untuk sebuah file yang dibuat menggunakan Microsoft powerpoint 2007 atau yang terbaru.

Jadi jika kamu membuah sebuah bahan presentasi menggunakan powerpoint 2007 keatas, maka ketika di simpan format filenya akan berbentuk PPTX.

Perbedaan PPT dan PPTX

Sebenarnya ada juga format file powerpoint lainnya yaitu PPT, lalu apa perbedaan dari kedua ekstensi file tersebut?. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pertama kita bahas terlebih dahulu PPT tentang apa yang format file ini bisa dan yang tidak.

  • PPT adalah format default file presentasi yang dibuat menggunakan powerpoint 2003, bisa dikatakan tipe file ini adalah versi pendahulu dari PPTX.
  • Data yang digunakan masih berbasis biner.
  • Dari segi fitur sudah pasti tidak selengkap PPTX.
  • Cenderung kurang fleksibel.

Setelah membahas PPT saatnya kita membahas yang satunya lagi agar lebih jelas letak perbedaannya.

  • Format terbaru untuk file powerpoint ms office 2007 sampai untuk office paling baru.
  • Sudah menggunakan extensible markup language(XML), bisa dibilang ini yang jadi pembeda jika disbanding yang versi lama.
  • Secara fitur lebih lengkap jika dibandingkan dengan PPT.
  • Lebih fleksibel karena bisa dibuka menggunakan aplikasi pihak ketiga.
  • Lebih banyak dukungan fitur-fitur multimedia.

Nah, itulah sedikit banyak perbedaan antara format PPT dan PPTX. Sebenarnya kedua ekstensi file tersebut sama untuk file presentasi yang dibuat oleh ms office.

Untuk membuka file PPTX kamu bisa menggunakan aplikasi powerpoint minimal yang 2007, selain itu juga bisa menggunakan WPS office, Google Slide, dan aplikasi sejenis lainnya.

Penutup

Demikianlah sedikit penjelasan tentang tipe file presentasi yang sudah kami jabarkan diatas, semoga bisa menambah sedikit pemahaman para pembaca tentang apa itu PPTX.

Sekian dulu, terima kasih telah membaca pembahasan pada artikel ini sampai jumpa di artikel berikutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url