Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, Mudah Dipraktikkan

 

Besar kecilnya ukuran sebuah video dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain adalah resolusi yang digunakan, misalkan resolusi 1080p akan berbeda size nya dengan 720p.

Masing-masing Resolusi yang digunakan akan mempengaruhi ukuran tampilan sebuah video, misalkan  1080p(1920x1080) maka tinggi tampilan 1080 pixel dan panjang 1920 pixel. Begitu juga dengan 720p(1280x720).

Selain itu juga ada frame rate atau mungkin kamu lebih familiar dengan istilah fps. Terdapat beberapa satuan fps yang sering kita jumpai antara lain 24, 25, 30, dan 60. Setiap satuan fps yang dipilih akan mempengaruhi berapa gambar yang akan ditampilkan setiap detiknya pada sebuah video.

Selain dua hal diatas masih ada lagi codec dan bit rate yang bisa mempengaruhi ukuran sebuah video. Namun kita tidak akan membahas terlalu jauh akan hal itu.

Pada tulisan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya agar lebih mudah dan cepat saat diupload ke youtube, facebook, Instagram, maupun layanan berbagi video lainnya.

Lansung saja simak langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Menggunakan Handbrake

Salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecilkan ukuran video adalah handbrake. Untuk cara penggunaannya seperti dibawah ini.

  • Pertama tama silahkan buka software handbrake pada laptop atau komputer kamu
  • Selanjutnya klik file atau kamu juga bisa drop lansung file video pada area yang disediakan

  • Agar tidak pusing mencari hasil kompres video silahkan atur folder tempat penyimpanan dan nama filenya dengan cara klik browse

  • Pada bagian summary silahkan pilih format video yang diinginkan, pada tulisan ini kami memilih MP4

  • Selanjutnya pada bagian video pilih video codec H.264, karena format codex ini sering digunakan oleh kebanyakan orang dan bisa kompatibel dengan pemutar video yang ada saat ini

  • Setelah semua settingan diatur, yang selanjutnya kamu bisa klik start encode untuk memulai proses kompres

  • Selesai, sekarang kamu bisa menunggu hasil video yang sudah di kompres sizenya pada folder yang sudah disiapkan diawal tadi

Penutup

Demikianlah sedikit penjelasan tentang bagaimana caramengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas dengan memanfaatkan software open source yang bernama handbrake.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang menginginkan ukuran videonya lebih optimal. Jangan lupa untuk selalu berkunjung untuk mendapatkan info menarik lainnya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url