Cara Menggabungkan Dua File Pdf Atau Lebih Menjadi Satu Menggunakan Handphone dan Laptop

 

Terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk menggabungkan dua dokumen pdf atau lebih menjadi satu file saja. Yang pertama bisa offline menggunakan software yang diintall pada komputer atau laptop, sedangkan yang kedua adalah menggunakan layanan online dan bisa hanya menggunakan handphone saja.

Kedua cara diatas memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Sebagai contoh misal menggunakan software pada laptop untuk merge pdf, tentu saja kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu dan tak jarang aplikasi semacam itu membutuhkan lisensi berbayar sebelum menggunakannya.

Sedangkan jika menggunakan tools online yang tersedia di internet, kamu membutuhkan koneksi internet(paket data) sebelum menggunakannya.

Yuk simak, bagaimana sih cara gambungkan file pdf secara online menggunakan handphone dan secara offline menggunakan laptop.

Cara Menggabungkan Pdf Menggunakan Layanan Online Dengan HP

Dengan memanfaatkan layanan pdf joiner yang tersedia online untuk meng-combine dua buah file atau lebih menjadi satu buah dokumen pdf tentu saja akan menjadi pilihan yang tepat jika kamu hanya memiliki smartphone saja untuk melakukan tugas tersebut. Untuk cara-caranya bisa dilihat seperti dibawah ini.

  • Pertama tama silahkan buka Google pada HP kamu dan ketikkan pada kolom pencarian pdf joiner

  • Pilih salah satu layanan merge pdf yang tersedia, pada tutorial kali ini kami akan menggunakan ilovepdf.com
  • Terdapat beberapa menu yang tersedia pada ilovepdf.com seperti merge pdf, split pdf, compress pdf, convert pdf, dan lain lain. Silahkan pilih yang merge pdf
  • Selanjutnya ketuk Select PDF Files dan silahkan pilih file pdf yang ingin digabungkan. Jika ingin menambahkan file ketuk ikon tambah warna merah
  • Seterusnya ketuk merge PDF dan tunggu proses penggabungan sampai selesai

  • Yang terakhir silahkan download hasil penggabungan pdf tadi

Cara Menggabungkan Pdf Dengan Software Pakai Laptop

Setelah membahas tentang combine pdf menggunakan layanan online, selanjutnya mari simak dengan cara menggunakan software pada laptop. Pada penjelasan dibawah ini kami menggunakan adobe acrobat 11.

  • Langkah pertama buka aplikasi adobe acrobat pada laptop
  • Selanjutnya pilih combine files into PDF

  • Lalu klik add files, maka akan muncul menu dropdown dan pilih Add Files

  • Lalu cari dan pilih dokumen yang akan digabungkan dan klik open

  • Kamu bisa mengurutkan posisi file dengan cara klik dan geser. Jika sudah klik combine files

  • Maka kedua file tadi akan disatukan dalam satu dokumen. Selanjutnya kamu bisa klik file lalu klik save as dan beri nama file sesuai dengan yang kamu inginkan dan klik save

Penutup

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan pdf baik menggunakan layanan online maupun memakai software yang diinstall pada laptop.

Kamu bisa memilih salah satu diantara kedua cara diatas sesuai dengan kebutuhan. Semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung untuk mendapatkan update informasi seputar teknologi terbaru. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url