Cara Mengubah Foto Hitam Putih Jadi Berwarna Hanya Menggunakan Handphone

 


Foto merupakan sebuah momen yang diabadikan melalui tangkapan lensa kamera dengan tujuan untuk dokumentasi yang bisa dikenang atau dilihat dikemudian hari.

Namun foto-foto yang ada pada zaman dulu masih dalam bentuk gambar hitam putih, tak seperti foto kebanyakan pada saat ini yang berwarna.

Berkat bantuan teknologi yang ada saat ini, sudah memungkinkan buat kita untuk merubah foto yang tadinya hanya BW(hitam putih) menjadi berwarna layaknya foto yang dijepret oleh kamera handphone maupun kamera digital yang ada saat ini.

Oleh karena itu, bagi kamu yang penasaran tentang bagaimana cara mengubah foto hitam putih menjadi berwarna dengan hanya memanfaatkan smartphone saja.

Aplikasi untuk Merubah foto Hitam Putih Menjadi Berwarna

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall terlebih dahulu aplikasi colorize images di play store. Setelah itu kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut ini.

  • Pertama-tama buka aplikasi colorize yang sudah diinstall tadi

  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk memberi izin mengakses media penyimapan, silahkan ketuk izinkan

  • Lalu kamu akan dihadapkan dengan tampilan yang cukup sederhana, yang mana hanya ada beberapa pilihan menu seperti PILIH GAMBAR DARI GALERI, ikon pengaturan, ikon kustomisasi pewarnaan, ikon berlangganan untuk menghilangkan iklan, serta ikon share dan ikon info aplikasi

  • Selanjutnya kamu silahkan ketuk menu PILIH GAMBAR DARI GALERI untuk memilih foto yang akan diwarnai

  • Setelah mimilih foto, silahkan tunggu proses mewarnai hingga selesai
  • Sekarang foto hitam putih sudah berubah menjadi full warna. Namun jika masih kurang puas dengan hasil yang ditampilkan silahkan ketuk ikon pensil sebelah kanan bawah untuk mengatur sendiri komposisi pewarnaan. Atau kamu bisa juga lansung menyimpannya dengan cara ketuk menu simpan

Aplikasi Perubah Foto Hitam Putih Lainnya

Selain menggunakan aplikasi colorize images, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi serupa lainnya yang tersedia di play store seperti:

  • Colorize it – Warnai foto
  • Restorasi gambar (foto lama)
  • DeOldify (discontinued) – Colorize Old Photos

Pada dasarnya aplikasi-aplikasi diatas cara kerjanya hampir mirip, yaitu menggunakan AI(kecerdasan buatan) untuk mewarnai foto.

Penutup

Demikianlah cara mengubah foto hitam putih jadi berwarna yang sangat mudah dilakukan bahkan hanya menggunakan handphone saja.

Semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa berguna buat kamu yang menginginkan foto lama yang bernuansa hitam putih menjadi berwarna layaknya foto-foto pada zaman sekarang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url